Bupati Berharap BLK Belitung Lahirkan SDM Yang Kompetitif

by Arlan/IKP22 Juli 2020
Image

Sijuk - Bupati Belitung, Sahani Saleh menghadiri pembukaan pelatihan berbasis kompetensi di Balai latihan kerja Belitung, selasa (21/07/2020). Dalam peninjauan kali ini Bupati menyampaikan beberapa harapannya. 
 
Bupati Sahani berharap adanya BLK ini mampu meningkatkan kompetensi tenaga kerja di Belitung. Belitung bagi Bupati Sahani memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa. Karena itu saat ini Belitung membutuhkan SDM dengan keahlian dan kompetensi untuk mengolah kekayaan. 
 
Bupati Sahani juga menyampaikan ungkapan terima kasih dari Pemerintah kabupaten Belitung kepada kementerian tenaga kerja atas dibangunnya BLK Belitung. Belitung cukup beruntung karena menjadi salah satu dari 23 daerah yang memiliki BLK dan Kementerian Tenaga Kerja. 
 
"Dari 23 BLK salah satunya di Belitung ini," ungkap Bupati Sahani. 
 
Bupati juga menjanjikan akan mendukung  BLK Belitung agar bisa berkembang, dan mencetak tenaga kerja yang terampil dan kompetitif di bidangnya. Sehingga nantinya pelatihan yang ditawarkan lebih variatif dapat menyesuaikan kebutuhan yang ada di Belitung. 
 
Siti Kustiati Direktur Bina Pemagangan Kemenaker Republik Indonesia menyebutkan sesuai dengan prioritas pembangunan pada tahun ini lebih kepada pembangunan SDM.  Oleh karen itu Siti berharap Pemkab Belitung dapat bersinergi dengan Kemenaker agar BLK Belitung dapat berkembang lebih baik lagi. 
 
"Kita berharap sinergi dari Pemkab Belitung, terutama dengan dukungan Bapak Bupati, " ujar Siti 
 
Kepala BLK Belitung Rahmat Faisal menyebut proses pelatihan sempat terhenti karena wabah covid 19. Pelatihan tahap 1 ini dilakukan kembali selama 120- 140 jam pembelajaran. 
 
"Tujuan adanya pelatihan ini adalah melakukan  pengembangan kualitas dan kedisiplinan tenaga kerja berbasis keahlian. Untuk tahap 1 dan 2 ini ada 96 peserta yang masing-masing paket diisi oleh 16 orang," ungkap Faisal. 
 
Adapun program pelatihan yang dibuka BLK Belitung diantaranya program Barista, Front office receptionist, office administrative assistant, pengolahan ikan, pengolahan buah, dan pembuatan roti dan kue.